Breaking News

Google Akan Pasang Sistem Keamanan Khusus ?

  


 Google dikabarkan tengah menyiapkan sistem keamanan terbaru untuk para penggunanya. Namun, fitur ini tak akan menyasar pengguna dengan profil biasa, melainkan pengguna yang memang membutuhkan fitur keamanan ekstra ketat.

Menurut laporan dari seorang sumber anonim, program keamanan ini akan diberi nama Advanced Protection Program. Rencananya, program ini akan mulai meluncur bulan depan dan berlaku untuk sejumlah layanan Google, termasuk Gmail.

Dikutip dari Digital Trends, Selasa (3/10/2017), sistem keamanan ini akan sedikit berbeda dari yang ada karena sekarang karena melibatkan kunci fisik. Jadi, pengguna yang memakai sistem keamanan ini akan dibekali dengan kunci fisik untuk meningkatkan keamanan akunnya.

Kabarnya, kunci pertama yang disiapkan adalah sebuah USB flash drive berisi software untuk mencegah pihak ketiga mengintip isi dari akun Google pengguna. Nantinya, pengguna perlu memanfaatkan kunci keamanan kedua untuk mendapatkan akses ke akunnya.

Melalui kombinasi ini, keamanan pengguna dipastikan akan meningkat, sebab pihak ketiga tak dapat mengakses akun Gmail atau Google Drive miliknya. Kendati Google belum berkomentar terkait kehadiran program ini, seorang sumber menyebut perusahaan telah memiliki rencana jangka panjang termasuk menyiapkan pembaruan secara berkala untuk fitur ini.

Karena itu, program ini sejak awal tak ditujukan untuk semua pengguna. Mengingat kerumitan yang ditawarkan, program ini didesain untuk pengguna yang membutuhkan keamanan lebih ketat seperti politikus atau eksekutif perusahaan ternama, ketimbang pengguna biasa.

Sekadar informasi, Google memang tengah menggenjot fitur keamanan di layanannya. Salah satu yang juga menjadi perhatian perusahaan tersebut adalah Android, mengingat sistem operasi itu dikenal memiliki fitur keamanan yang kurang mumpuni.

Kini, perusahaan baru saja meluncurkan tool baru bernama Google Play Protect. Melalui tool ini, Google dapat memperingatkan pengguna apabila menemukan aplikasi yang memiliki malware di dalamnya.

Perusahaan tersebut juga berencana membawa tool tersebut untuk muncul di perangkat yang menjalankan Android. Maksudnya, logo Play Protect akan ditampilkan di kemasan perangkat yang menjalankan sistem operasi Android dan aplikasi bebas malware.

"Perangkat bersertifikat ini juga mewajibkan telah memiliki aplikasi pre-install yang bebas malware, termasuk sejumlah fitur keamanan seperti pemindai virus dan Find My Device," ujar Google dalam keterangannya beberapa waktu lalu.
(Dam/Ysl)