Breaking News

Cara mengganti versi PHP yang digunakan di cPanel

Kadang script PHP anda tidak bisa dijalankan bila tidak menggunakan versi yang tepat, ini bisa karena ada fitur yang anda gunakan tidak tersedia, syntax yang sudah tidak didukung atau perilaku suatu fungsi yang berbeda dari versi ke versi. Lebih amannya anda tetap menggunakan satu versi PHP sampai anda siap mengupgradenya sendiri, apalagi kalau versi baru tersebut tidak memberikan kelebihan apa – apa dibanding sebelumnya.

kalau anda menggunakan hosting yang memanfaatkan cPanel untuk manajemen web hostingnya, anda bisa mengubah versi PHP yang aktif khusus untuk hosting web anda. Pertama masuk dulu ke cPanel dari website anda, kemudian cari bagian Software/Services dan pilih Select PHP Version.


Kalau anda tidak pernah merubahnya atau merasa tidak pernah meminta bantuan support web hosting untuk menggantinya maka seharusnya Current PHP Version adalah Native. Ini berarti versi PHP yang digunakan akan mengikuti default yang telah ditentukan oleh web hoster anda.


Anda bisa memilih berbagai versi PHP yang disediakan pada opsi PHp Version, di web hosting saya versi PHP yang dapat dipilih adalah 4.4, 5.2, 5.3, 5.4, 5.5 dan Native. Belum tentu di hosting yang anda miliki akan menawarkan versi yang sama, tapi seharusnya mirip atau tidak ada perbedaan berarti.

Klik Set Current untuk menetapkan versi PHP yang terpilih sebagai yang aktif. Sedangkan Show PHP Extensions untuk menampilkan konfigurasi dari PHP yang terpilih, biasanya setiap versi PHP memiliki setting yang berbeda. Jangan lupa klik Save untuk menyimpan modifikasi versi PHP yang digunakan.

Cara ini lebih baik daripada anda menggunakan php.ini yang bisa terlupakan kalau anda pernah membuatnya dan membuat proses troubleshooting masalah PHP pada hosting menjadi lebih merepotkan. Sebaiknya anda menggunakan tool yang disediakan cPanel untuk melakukan modifikasi apapun karena akan mudah diakses dan tercatat.

Dan, bagaimana jika tidak ada opsi “select php version” ?
Kalau tidak ada berarti web hosting anda yang tidak menyediakannya. Sudah dari sananya, Untuk hal ini, Anda bisa bertanya lewat livechat/ticket apakah bisa ganti versi PHP.
Tapi dari pengalaman memang tidak semua penyedia hosting memiliki fitur ini.
Mungkin karena maintenancenya lebih repot.

Terima Kasih, Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat..

Referensi: UTEKNO

No comments