Breaking News

Cara mengkompres file menggunakan WinRar

Winrar, merupakan sebuah software aplikasi yang multi-fungsi. Salah satu kegunaannya yaitu untuk mengkompres(Compress) atau menyatukan file dan folder dalam satu paket. Winrar juga merupakan software aplikasi yang open source. Dalam tutorial kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana cara mengkompres file menggunakan winrar.

Alasan saya mempostingkan judul seperti ini, yaitu dikarenakan pengalaman saya pribadi yang mana ketika saya ingin memaketkan file dan folder yang ingin saya kirimkan melalui facebook, ternyata tidak dapat mengirim file beserta dengan foldernya, dari situ saya mendapat ide untuk memaketkan file dan folder dahulu menggunakan winrar.

Langkah pertama, untuk mengkompres file dan folder cukup dengan pilih file dan folder yang ingin di paketkan. Dalam kasus ini saya tidak menggunakan folder tetapi hanya menggunakan file, tetapi caranya tetap sama. Setelah file dan folder di pilih, klik kanan pilih "Add to namatempatfolder.rar" untuk menjadikan file dan folder itu langsung terpaketkan. "namatempatfolder.rar" merupakan nama output file kompres yang hendak dibuat, dalam kasus ini saya berada di folder "Document".
Cara mengkompres file menggunakan WinRar

Tahap selanjutnya, anda cukup menunggu proses yang sedang berjalan untuk memaketkan file.
Cara mengkompres file menggunakan WinRar

Setelah file sudah dikompres, maka akan muncul file outputnya yang bernama "Documents.rar" karena saya berada pada folder documents.
Cara mengkompres file menggunakan WinRar
Nah, langkah untuk mengkompres file menggunakan winrar sudah selesai. Untuk mengecek hasil outputnya, klik dua kali pada output file maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Cara mengkompres file menggunakan WinRar

No comments